Game & Esport · September 11, 2024 0

Sony PS5 Pro Rilis 7 November, Ini Harga Resminya!

Sony PS5 Pro Rilis – Sony akhirnya mengumumkan kehadiran konsol PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) dalam acara “Technical Presentation”, yang ditayangkan secara langsung di kanal YouTube PlayStation pada Selasa (10/9/2024) pukul 22.00 WIB.

PS5 Pro hadir dengan desain casing/cangkang baru bermotif rongga dengan tiga garis hitam yang memotong bagian tengah konsol, memberikan tampilan yang berbeda dari PS5 reguler dan PS5 Slim. Garis hitam ini terletak di bagian depan dan belakang konsol. Meski demikian, desain keseluruhan dan dimensinya masih mirip dengan PS5 biasa, termasuk fitur cangkang yang bisa dilepas pasang dan diganti sesuai preferensi.

Harga PS5 Pro diumumkan sebesar 700 dolar AS (sekitar Rp 10,8 juta). Konsol ini akan bisa dipesan mulai 26 September 2024 di sejumlah wilayah, dan penjualan global dimulai pada 7 November 2024. Gamer yang membeli PS5 Pro akan mendapatkan controller DualSense reguler serta game Astro Playroom yang sudah terpasang di dalam konsol.

Penjualan PS5 Pro Mulai 7 November, Indonesia Masih Belum Diumumkan

PS5 Pro akan mulai dijual pada 7 November 2024 di sejumlah mitra resmi Sony di beberapa negara. Hingga kini, belum ada informasi pasti kapan Indonesia akan kebagian PS5 Pro. Namun, biasanya ketersediaan konsol PlayStation di Tanah Air hanya berbeda beberapa bulan setelah dirilis di pasar global.

Perbedaan PS5 Pro dan PS5 Reguler

Lead Architect PS5, Mark Cerny, menjelaskan bahwa PS5 Pro memiliki performa yang jauh lebih tinggi dibandingkan PS5 reguler. Sony memperbarui tiga komponen utama di PS5 Pro, yakni GPU, Advanced Ray Tracing, dan teknik upscaling gambar berbasis kecerdasan buatan (AI).

PS5 Pro memiliki pengolah grafis (GPU) yang lebih besar, pemrosesan ray tracing yang ditingkatkan, serta kemampuan AI yang lebih canggih untuk mendukung performa upscaling,” ujar Mark dalam acara virtual Sony PlayStation.

GPU PS5 Pro memiliki 67 compute units (CUs), meningkat dari 36 CUs di PS5 reguler, yang membuat RAM di PS5 Pro 28 persen lebih cepat. Konsol ini juga diklaim mampu mengolah visual 45 persen lebih cepat dibandingkan PS5 reguler.

Selain itu, kemampuan ray tracing pada PS5 Pro diklaim tiga kali lebih cepat, sementara peningkatan pada AI mendukung fitur PlayStation Spectral Super Resolution (PSSR), yang meningkatkan kualitas upscaling visual secara signifikan.

PS5 Pro Hadirkan Pengalaman Gaming Maksimal dengan Peningkatan Performa

Menurut Mark Cerny, tiga aspek utama yang ditingkatkan pada PS5 Pro—yakni GPU, Advanced Ray Tracing, dan AI-based upscaling—akan menghadirkan pengalaman gaming yang jauh lebih maksimal dibandingkan PS5 reguler.

Selain peningkatan performa tersebut, PS5 Pro juga dilengkapi dengan sejumlah fitur pendukung lainnya untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih baik. Beberapa fitur tambahan mencakup peningkatan kualitas gambar untuk game PS4, dukungan untuk WiFi 7, VRR (Variable Refresh Rate), gaming dengan resolusi 8K, serta penyimpanan internal 2 TB yang lebih besar.

PS5 Pro juga kompatibel dengan berbagai aksesori PS5 yang sudah ada, seperti DualSense Edge, PlayStation Portal, Pulse Elite, dan banyak lagi, memastikan pengguna dapat memaksimalkan konsol ini dengan dukungan ekosistem perangkat gaming yang lengkap.

 

Informasi berita game lainnya terupdate.